Minggu, 11 Februari 2018

prinsip dan makna berbasis masyarakat


REVIEW 2


Ditengah perubahan sosial yang diakibatkan oleh Globalisasi masyarakat lokal tidak akan hidup dalam isolasi. berinteraksi dengan dunia luar tidak akan mudah bagi masyarakat lokal tanpa sumber sosial,budaya dan ekonomi yang kuat. tren ini didukung oleh perserikatan bangsa-bangsa luar dan instituasi oleh akademisi dan pelestari yang memahami pembangunan berkelanjutan. pemahaman orang-orang dimasyarkat perkotaan yang memiliki hubungan dengan masyarakat pedesaan merupakan basis penting untuk merancang dan menerapkan setrategi pembangunan yang berhasil.
Pariwisata adalah salah satu cara untuk membawa orang dari berbagai latar belakang bersama pariwisata menawarkan pengunjung untuk berbagai budaya dan sudut pandang mereka yang berbeda-beda. anggota masyarakat yang berbeda bisa berbagi dan langsung mengembangkan hubungannya untuk berkembang dan tumbuh terhadap pembangunan masyarakat yang berkelanjutan.
wisata berbasis masyarakat (CBT) jenis wisata unik dengan karakteristik yang sangat berbeda dengan pariwisata masal. CBT bukan merupakan wisata yang hanya memaksimalkan keuntungan investor. sebaliknya, CBT mementingkan dampak pariwisata dan sumber daya alam.

Prinsip-prinsip CBT yang tercantum merupakan konsep pengembangan sistem CBT :
1. Mengakui,mendukung dan mempromosikan masyarakat terhadap pariwisata.
2.  libatkan anggota masyarakat dalam setiap aspek
3. mempromosikan kebanggaan masyarakat
4. meningkatkan kualitas hidup
5. memastikan kelestarian lingkungan
6. pertahankan karakter budaya setempat
7. tingkatkan pembelajaran lintas budaya
8. menghormati perbedaan budaya dan martabat manusia
9. bagikan manfaat secara adil diantara anggota masyarakat
10. kontribusi presentasi pendapatan yang tetap terhadap proyek masyarakat

CBT dan pengembangan komunitas terhubung secara inharen. karena mereka memiliki sumber daya alam dan budaya yang sama. norma sosial dan budaya tidak menentukan sumber daya tapi juga menjabatani hubungan internal dan eksternal. Idealnya nilai pembeninaan hubungan antara Hikmah Budaya Lokal dan sumber daya lokal harus di internalisasi oleh anggota masyarakat dan diintegrasikan kesemua aspek pengelolaan CBT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar