Kamis, 08 Februari 2018

Pemberdayaan Masyarakat


RESUME 1 

Pemberdayaan Masyarakat merupakan upaya meningkatkan kualitas masyarakat yang kurang atau tidak berdaya untuk menguatkan daya kepada masyarakat. pemberdayaan masyarakat ini juga untuk memberikan kemandirian  kepada masyarakat agar bisa menguasai ketrampilan serta mengunakan kekuatan atau daya sebagaimana mestinya.pemberdayaan masyarakat ini merupakan wadah untuk masyarakat berkembang dan maju serta memberikan manfaat yang baik untuk perkembangan dan kemajuan desanya. Pemberdayaan masyarakat langkah untuk mensejahterakan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan,sikap,ketrampilan,kemampuan serta memanfaatkan sumber daya alam melalui kebijakan serta program untuk memberikan dampak yang baik untuk masyarakat maupun lingkungan.

Pilar pemberdayaan masyarakat di bagi menjadi 3 yaitu :

1. Pemungkinan : Desa wisata yang berpotensi untuk bisa dikembangkan yang mempunyai keunikan atau daya tarik yang berpotensi untuk dibuat tempat wisata dan dimana desa dan masyaraktnya mendukung.

2. Penguatan     : Desa wisata yang sudah ada namun belom bisa berkembang dan maju sehingga diolah dengan lebih baik lagi untuk menambah daya tarik wisatawan untuk datang dan berkunjung ke desa wisata tersebut.

3. Perlindungan  : Desa wisata yang sudah ada yang akan dikuatkan dengan menambah atraksi atau sesuatu hal yang menarik di desa wisata tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar